1. Calon mahasiswa wajib melunasi seluruh komponen biaya pendidikan meliputi Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA), Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), Biaya Operasional Pendidikan (BOP), dan biaya-biaya lain dengan rincian sebagai berikut:
a. SPMA dibayar lunas sesuai kesanggupan saat mendaftar Ujian Tulis. Bagi yang memilih beasiswa SPMA, diwajibkan menyertakan surat keterangan tidak mampu yang diketahui oleh Kepala Sekolah dan disahkan oleh Kepala Desa/Lurah tempat kediaman orang tua/wali.
b. SPP sebesar Rp. 500.000
c. BOP semester 1:
1. Fakultas Biologi: Rp. 1.500.000
2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis: Rp. 1.260.000
3. Fakultas Farmasi: Rp. 1.500.000
4. Fakultas Filsafat: Rp. 1.260.000
5. Fakultas Geografi: Rp. 1.650.000
6. Fakultas Hukum: Rp. 1.080.000
7. Fakultas Ilmu Budaya: Rp. 1.320.000
8. Fakultas Isipol: Rp. 1.440.000
9. Fakultas Kedokteran: Rp. 1.725.000
10. Fakultas Kedokteran Gigi: Rp. 1.350.000
11. Fakultas Kedokteran Hewan: Rp. 1.425.000
12. Fakultas Kehutanan: Rp. 1.650.000
13. Fakultas MIPA: Rp. 1.500.000
14. Fakultas Peternakan: Rp. 1.650.000
15. Fakultas Pertanian: Rp. 1.500.000
16. Fakultas Psikologi: Rp. 1.080.000
17. Fakultas Teknik: Rp: 1.500.000
18. Fakultas Teknologi Pertanian: Rp. 1.800.000
d. Pembayaran komponen biaya ini dapat dilakukan di ATM Bank Mandiri, Internet Banking Mandiri, Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat, atau melalui Bank lain dengan cara transfer ke Rekening Rektor UGM Bank Mandiri Cabang Sekip UGM dengan No Rekening 137.000666667-7.
2. Registrasi sebagai Calon Mahasiswa UGM tahun 2008 (tidak boleh diwakilkan) dilakukan di Gedung Graha Sabha Pramana, Bulaksumur, Yogyakarta dengan syarat pendaftaran sebagai berikut:
a. Tanda peserta Ujian Tulis (UTUL) UM UGM 2008
b. Sudah melakukan pembayaran butir 1
c. Surat Tanda Kelulusan (STK) asli dan fotokopinya yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah (rangkap 2)
d. STTB asli dan fotokopinya yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah (rangkap 2).
e. NEM/Nilai UN asli dan fotokopinya yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah (rangkap 2).
f. Kartu Pelajar.
g. Surat Penghasilan Orangtua/wali yang disahkan oleh Bendaharawan (untuk pegawai negeri, pegawai swasta, TNI, dan Polri) atau Kepala Desa/Lurah setempat untuk lainnya (rangkap 2).
h. Dua lembar Surat Pernyataan Siap menaati Peraturan Universitas Gadjah Mada (formulir UGM/AA/2008/1)
i. Dua lembar Surat Pernyataan untuk tidak menarik biaya yang sudah dibayarkan (formulir UGM/AA/2008/2)
j. Pasfoto berwarna 5 helai ukuran 3×4 dan 1 helai 2×2 (pakaian rapi, tidak berkaos oblong, dan latar belakang foto tidak berwarna merah).
k. Surat Keterangan sehat dari dokter (rangkap 2).
Jadwal Registrasi:
1. Senin, 23 Juni 2008: Biologi, Geografi, Hukum, dan Isipol.
2. Selasa, 24 Juni 2008: Kedokteran Gigi, Ilmu Budaya, dan Kedokteran.
3. Rabu, 25 Juni 2008: Ekonomika dan Bisnis, Farmasi, Filsafat, dan Psikologi.
4. Kamis, 26 Juni 2008: Teknik, Teknologi Pertanian, dan Kedokteran Hewan.
5. Jum’at, 27 Juni 2008: MIPA, Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan.
6. Sabtu, 28 Juni 2008: Bagi yang terlambat dengan alasan bisa diterima.
Apabila sampai tanggal 28 Juni 2008 peserta tidak melaksanakan registrasi maka peserta dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UGM 2008.
3. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali sesuai dengan surat pernyataan (formulir UGM/AA/2008/2) yang ditandatangani oleh Calon Mahasiswa dan Orang tua/Wali.
4. Calon Mahasiswa UGM tahun 2008 diwajibkan mengikuti TOEFL-Like yang diselenggarakan oleh UGM tanggal 2-3 Juli 2008 di Grha Sabha Pramana (jadwal keluar tanggal 30 Juni 2008), sekaligus menyerahkan fotokopi ijazah yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah (rangkap 2).
5. Info penerimaan mahasiswa baru dapat diakses melalui situs http://um.ugm.ac.id, surat kabar Kedaulatan Rakyat, dan dapat diakses melalui SMS ke nomor: 7890 (Telokomsel, Flexi, dan Indosat) atau 9600 (XL) dengan mengetikan UM No Peserta, Contoh: UM 2800100001
Sumber: Koran Kedaulatan Rakyat Edisi Sabtu, 7 Juni 2008
0 komentar